Penulisan Buku Ajar

Pada tanggal 19-20 Agustus 2019, Sebanyak 30 dosen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur mengikuti Workshop Penulisan Buku Ajar di gedung E,Ruang 3.01. Menghadirkan Narasumber Dr.Sudarman, S.pd, M.pd Dan Ketua PPI Idris Harta, MA, PhD . kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam penulisan buku ajar yang berkualitas bagi bapak/ibu dosen pengajar di lingkungan UMKT.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, di hari pertama Dr.Sudarman menyampaikan bagaimana cara untuk memulai menulis dan langkah-langkahnya dalam penyusunan buku ajar yang baik dan benar, mengacu pada tata bahasa SPOK (Subjek, Predikat, Objek dan Keterangan). Untuk menghasilkan buku yang berkualitas dosen perlu mengetahui teknik penulisan dan pengorganisasian bahan ajar yang baik.

Di hari Kedua kegiatan Idris Harta, MA, PhD Selaku Ketua PPI , menyampaikan bagaimana cara untuk memperbaiki karya Ilmiah dengan mendeteksi plagiat terhadap suatu karya yang keaslian harus diuji yaitu Dengan Turnitin, kita bisa mendeteksi berapa persen tingkat copy paste yang terdapat dalam sebuah karya ilmiah.

Diharapkan peserta kegiatan dapat menyusun buku ajar dengan format yang sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar,dan dapat menghasilkan buku ajar yang berkualitas.



Author