Seminar International Colloquium on Business, Management and Technology 2019

Pusat Penerbitan Ilmiah(PPI) menyelenggarakan kegiatan Seminar  International Colloquium on Business, Management and Technology. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari tanggal 14-15 November 2019 di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Peserta adalah dosen di UMKT dan juga mahasiswa Manajemen Program International, yaitu  ± 30 dosen dan juga 15 Orang Mahasiswa. Prof. Bambang Setiaji selaku Rektor UMKT, memberikan sambutanya di acara yang digelar di Gedung  E, Ruang C 3.1 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Acara Colloquium ini pada dasarnya bertujuan memfasilitasi Dosen untuk menulis artikel ilmiah internasional yang baik, selain itu juga memberikan gambaran bagaimana menyajikan artikel yang dapat diterima oleh jurnal-jurnal internasional dengan pengindex di Scopus dan WoS. Sehingga dapat menyebarluaskan hasil penelitian dosen kepada khalayak yang lebih luas.

Seminar  International Colloquium on Business, Management and Technology menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri, diantaranya  Prof. Dr. Zakaria Abas (Universiti Utara Malaysia), Prof.Dr. Mohamed Mustafa bin Ishak (Universiti Utara Malaysia), Prof.Dr.  Mohd Noh bin Dalimin (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia), Prof.Dr Rushami Zien Yusoff (Universitas Utara Malaysia) dan Dr. waluyo Adi Siswanto (faculty of science and technology UMM. Materi yang diberikan para narasumber diantaranya adalah mengenai memunculkan ide dalam penulisan, serta tips dan trik dalam publikasi ilmiah sehingga menghasilkan artikel yang dimuat di jurnal Internasional yang bereputasi.

Setelah seminar umum dilanjutkan dengan sesi diskusi panel, yang dikhususkan untuk bidang Teknik dan Manajemen sehingga diikuti oleh dosen dari UMKT yang terdiri atas Program studi  teknik Sipil, teknik Informatika, teknik mesin dan Manajemen. Untuk pembagian kelas bidang kajian teknik menempati ruang C 3.1 di gedung E, sedangkan kelas untuk bidang kajian Manajamen di Ruang Rapat Gedung C.

Colloqium ini menghasilkan artikel yang langsung diberi masukan oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya, artikel yang sudah diperbaiki kemudian disubmit ke jurnal internasional. Di akhir acara para peserta memperoleh penghargaan berupa sertifikat yang diberikan langsung oleh para narasumber,dan ucapan terima kasih telah berpartisipasi dalam acara tersebut. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat sering dilaksanakan di UMKT, agar semakin dapat banyak dosen yang produktif dalam penulisan artikel Internasional dan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan hasil penelitian.

Author