UMKT Press

Sesuai dengan Visi PPI yaitu menyelenggarakan dan mengembangkan buku ajar sebagai penunjang proses belajar mengajar, PPI Universitas muhammadiyah kalimantan timur berencana membuat penerbitan buku yang disebut dengan UMKT Press, mengembangkan fasilitas percetakan dan penerbitan buku dalam bentuk cetak ada beberapa hasil dari buku ajar dosen di UMKT yang perlu di cetak kedalam buku maka dari itu PPI akan membuka percetakan dan penerbitan buku. syarat dalam penerbitan adalah pendaftaran ISBN, ISBN (International Standard Book Number) Angka yang berada di bagian belakang buku dan berupa barcode yang berfungsi identifikasi unik pada setiap buku yang diterbitkan. Untuk memperolehnya bisa dilakukan dengan menghubungi perwakilan lembaga ISBN pada setiap negara yang telah ditunjuk oleh Lembaga internasional ISBN. Perwakilan lembaga internasional ISBN di Indonesia di Perpustakaan Nasional(Perpusnas) sebagai lembaga yang ditunjuk.

langkah pembentukan penerbitan harus ada Penataan Struktur organisasi, sistem administrasi dan perencanaan kegiatan. Sistem Struktur Organisasi Nantinya akan dikelola oleh PPI itu sendiri, yang terdiri dari ketua, Manajer Operasional, Manajer Administrasi, Staff copyediting dan layouting. Perencanaan kegiatan kedepan Dalam 1 tahun minimal target penerbit harus mencetak 10-12 buku dan harus terpenuhi, usaha yang keras dari pihak PPI mendorong dosen di umkt untuk memenuhi target tersebut, salah satunya mengadakan pelatihan workshop penulisan Buku Ajar, dan pemberian Insentif buku ajar.

Diharapkan dengan pendirian percetakan dan penerbitan buku ini, dapat menambah semangat para dosen di UMKT khususnya untuk menghasilkan buku ajar Ilmiah, mendorong produktivitas Penulisan buku, Meningkatkan kemampuan Penulisan buku ilmiah, mendorong tumbuh kembang budaya membaca dikalangan sivitas UMKT dan Masyarakat pada Umumnya, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di Lingkungan UMKT

Author