Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal

PPI selaku Publisher Jurnal di UMKT mempunyai 6 Jurnal, Ada 2 diantaranya  sudah terakreditasi sinta 4 dan 5, dan ada 4 yang belum terakreditasi, dari keenam jurnal tersebut sudah mempunyai ISSN(Internasional Standart Serial Number)  sebuah nomor unik yang digunakan untuk identifikasi publikasi berkala media cetak ataupun elektronik. pada hari selasa, 26 Januari 2021 PPI kembali mengadakan workshop Persiapan Akreditasi jurnal, workshop dilaksanakan secara online dengan media zoom meeting dihadiri oleh seluruh pengelola jurnal yang ada di UMKT dengan menghadirkan  2 Narasumber dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Masduki, S.Si, M.Si. dan Naufal Ishartono, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi pembahasan tentang substansi template jurnal  dan tampilan menu website itu sendiri untuk bisa menjadi jurnal terakreditasi sinta.  Masduki, S.Si, M.Si selaku narasumber yang pertama membahas tentang substansi penulisan, yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian dengan penulisan template masing” jurnal, pertama judul jangan membatasi konten, sehingga judul naskah harus disederhanakan dan fokus pada konten, subsection paragraf diminimalkan, orisinalitas naskah juga perlu diperhatikan, penyajian tabel diperhatikan garis tabel dan deskripsi tabel, daftar referensi harus sesuai dengan standart minimal 10 tahun, harus ada standarisasi dari chief editor jikalau artikel sudah siap diterbitkan.

Naufal Ishartono, S.Pd., M.Pd selaku narasumber yang kedua membahas tentang teknis kelengkapan website, tampilan informasi tentang jurnal harus lengkap dan jelas, dan bisa di tampilkan di halaman home, penambahan tentang menu yang dirasa kurang seperti menu history jurnal perubahan apapun dari jurnal harus di masukan dalam history, baik pergantian cover jurnal pergantian template jurnal harus ke record di history, peer review proses harus jelas, copyright Aggrement, Author Guidelines, dll. dasar yang harus ada tentang indexing jurnal untuk bisa mengajukan akreditasi minimal ada 3 yaitu google Schoolar, Garuda, dan OneSearch.

Dari ke 6 jurnal yang di kelola PPI, 2 diantaranya Jurnal JEM (Jurnal ekonomi Manajemen) dan JIK ( Jurnal Ilmu Kesehatan) akan persiapan untuk lanjut Reakreditasi tahun depan, dan yang ke 3 Jurnal Acitya (Jurnal pedidikan), Jurnal Pesut(Pengabdian Kepada Masyarakat), Jurnal BSR (Borneo Studen Research) siap untuk mengajukan Akreditasi tahun ini. dan yang 1 Jurnal JSE(Jurnal Ilmu teknik) masih belum bisa mengajukan akreditasi dikarenakan jumlah tebitan belum memenuhi dan minimal 2 tahun baru bisa mengajukan Akreditasi.

Author